Monday, October 18, 2010

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN


Pengertian perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yg diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yg tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk meyediakan barang dan jasa yg bias memuaskan kebutuhan dengan cara yg menguntugkan.
Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Perusahaan mempunyai lima unsur penting yaitu organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan konsumen dan perolehan laba atau keuntungan
Letak perusahaan sangat penting untuk diperhatikan karena letak perusahan merupakan tempat dimana perusahaan yg mendirikan melakukan kegiatan operasionalnya. Pemilihan letak perusahaan jangan sampai salah karena akan mengakibatkan timbulnya kerugian.
Jenis letak perusahaan:
• Hubungan perusahaan dengan sumber sumber ekonomi
• Hubungan perusahaan dengan sejarah
• Hubungan perusahaan dengan pemerintah
Perusahaan dan lembaga sosial
Tujuan pendirian perusahaan

Berdirinya suatu perusahaan pada dasarnya
mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan
sebesar-besarnya guna mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan.n perusahaan

Sistem perusahaan
PERUSAHAAN SEBAGAI SUATU SISTEM: KOMBINASI BERBAGAI SUMBER EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PROSES PRODUKSI DAN DISTRIBUSI BARANG UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERTENTU.

SIFAT SISTEM PERUSAHAAN:

 BERSIFAT KOMPLEKS BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOK, PEMERINTAH, MASYARAKAT, LN, DSB
 SATU KESATUAN SETIAP SUB SISTEM BERJALAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN
 BERBAGAI JENIS JENIS PERUSAHAAN BERBAGAI UKURAN, BENTUK DAN JENIS USAHANYA
 SALING BERGANTUNG SUATU PERUSAHAAN BERGANTUNG KEPADA PIHAK LAIN SEPERTI PEMASOK DAN PEMILIK DANA
DINAMIS KEKUATAN INTEREN DAN EKSTEREN MENDORONG PERUSAHAAN TERUS BERUBAH MENYESUAIKAN KONDISI LINGKUNGAN YANG DINAMIS
Fungsi fungsi perusahaan
Fungsi suatu perusahaan trebagi dalam dua jenis yaitu
- Fungsi Ekonomi
Sebagai sarana dan prasarana publik senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan pengembangan usaha dan memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya dengan cara pengelolaan Perusahaan Daerah Jasa Transportasi secara sehat berdasarkan asas ekonomi Perusahaan.
- Fungsi Sosial
Sebagai sarana Publik dalam melaksanakan pengelolaan jasa transportasi yang merupakan urat nadi pembangunan suatu daerah senantiasa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat dari semua golongan masyarakat dengan memberlakukan tarif yang terjangkau sesuai kemampuan masyarakat dan aspek keadilan

Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu lingkungan khusus dan lingkungan umum.
Lingkungan khusus perusahaan sangat berhubungan erat dengan keberhasilan memproduksi atau menghasilkan barang yang akan dijual, karena lingkungan khusus itu mencakup bagaimana perusahaan mendapatkan barang mentah untuk kembali mengolahnya dengan tergantung pada tingkat tekhnologi produksi yg dimiliki perusahaan dan bagaimana menyesuikan nya dengan selera dan kemauan pelanggan atau konsumen sampai peraturan pemerintah yg mengatur hubungan perdagangan didunia bisnis. Kalau perusahaan sudah bisa mengatasi masalah yg menyangkut lingkungan khusus perusahaan maka perusahaan tersebut tidak bias langsung bebas, karena diluar itu perusahaan juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan umum yg ada diluar control perusahaan, apakah politik perekonomian, kebijaksanaan moneter, kebudayaan, penduduk, pendidikan, sumber daya alam yg tersedia maupun keadaan perekonomian itu sendiri.
Lingkungan umum dan lingkungan khusus yg mempengaruhi perusahaan tersebut sebenarnya bias dijadikan sebagai kesempatan perusahaan untuk mengembangkan perusahaaan dan bisa menjadikan tantangan yg ada sebagai semangat dan motivasi untuk memajukan perusahaan.
Pendekatan dalam melihat bisnis dan perusahaan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkir dari kancah persaingan bisnis. Hubungan antar bisnis dengan dengan lingkungan kemudian ditelaah oleh para usahawan. Pada mulanya telah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnyalah yang merupakan hal yang terpenting atau yang menduduki titik sentral sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan yang berorientasi produsen atau “Producer Oriented Aproach”. Pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu , dimana pada saat itu keadaannya disebut sebagai “seller’s market”, yang artinya produsen masih langka sehingga barang apapun yang dihasilkan akan selalu terjual.

Akan tetapi keadaan itu berubah, dimana pengusaha menjadi bertambah banyak dan masyarakat menjadi lebih selektif sehingga timbulah persaingan yang ketat diantara para pengusaha. Hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumenlah yang mampu bertahan. Keadaan ini disebut “buyer’s market” atau “pasar pembeli” yaitu keadaan dimana pembeli yang akan menentukan semuanya dan bukan bukan penjual. Dalam hal ini berlaku suatu ungkapan “pembeli adalah raja”.

Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat factor lingkungan. Jadi dalam hal ini yang merupakan factor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau bisnisman mengelilinginya untuk melayani kebutuhan secara lebih baik sesuai dengan selera konsumen. Pandangan ini disebut “Consumer Oriented Approach” atau “pendekatan yang berorientasi konsumen”.

SUMBER: INTERNET DAN MODUL

nama: siti nurul kusuma wardhani
1EB07
26210611

No comments:

Post a Comment